LIFESTYLE
KONSEP KONSUMSI
Zaman pra-modern
- jumlah produksi terbatas
- produksi ditujukan untuk memenuhi kebutuhan manusia
Modern - sekarang
- adanya mesin - produksi massal dan homogen
- manusia dipaksa untuk mengkonsumsi terus menerus karena terlalu banyak proses produksi, butuh ataupun tidak butuh
- barang atau jasa hasil produksi dijadikan komoditas (yang bisa dijual dan dibeli)
- adanya KANIBALISME
(benda/jasa yang diluncurkan terbaru akan mengkanibali benda yang
dirilis sebelumnya. Barang-barang sebelumnya dianggap sudah ketinggalan
jaman.
contoh : Nokia yang sering meluncurkan tipe-tipe hp baru untuk menyingkirkan tipe-tipe hp yang lama
- "GUE BANGET" (barang/jasa yang dibuat spesial untuk orang-orang tertentu.
Post Modernism
-
mengizinkan orang untuk memilih cara hidup sesuai kehendaknya (tidak
harus sesuai agama, dan tidak lagi mendewakan teknologi dan ilmu
pengetahuan)
- terjadi perubahan pada proses konsumsi manusia
NEEDS VS WANTS
Baudrillad : yang dikonsumsi bukan nilai gunanya, tapi nilai simbolis yang sifatnya abstrak dan terkonstruksi.
- konsumsi membutuhkan manipulasi simbol-simbol secara aktif, untuk memanjakan hasrat (seluruh indera), contoh : jika kamu memakai sampo X, maka kamu adalah pecinta lingkungan. jika kamu memakai sepatu/tas X, maka kamu adalah seorang traveler sejati. Jika kamu minum Z, maka kamu adalah party-goers
contoh :
Sabun Lifebuoy adalah sabun keluarga, sabun kesehatan. Ibu (sebagai
target marketnya, yang biasanya membeli sabun tsb.) membeli nilai pada
produk Lifebuoy tsb.
Dengan pergeseran pola konsumsi, maka muncullah budaya konsumen, sehingga terjadi pergeseran makna konsumsi.
Konsumsi
adalah proses objektifikasi, mengeksternalisasi dan menginternalisasi
diri lewat obyek-obyek sebagai medianya (Yasraf Amir Pilliang)
GAYA HIDUP : DEFINISI
- adalah pola/cara hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya.
- secara umum : pola/cara bagaimana orang menghabiskan waktunya (aktivitas), apa yang penting orang pertimbangkan pada lingkungan (minat), dan apa yang orang pikirkan tentang diri sendiri dan dunia di sekitar (opini)
- kata kunci : aktivitas, minat, dan opini
Orang bisa memilih, mau hidup seperti apa, kemudian produsen 'menyesuaikan' produk dengan aktivitas, minat, dan opini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar